Minggu, 19 Agustus 2012

Mendambakan Kebebasan Adalah Manusia yang Tidak Modern

: Share
Saya mengatakan bahwa manusia yang mendambakan kebebasan adalah manusia yang tidak moderen. Dalam konteks manusia sebagai zoon politicon, dalam kontek manusia yang dalam hidupnya bermasyarakat adalah tidak mungkin bisa hidup dalam kebebasan. Mau hidup dalam kebebasan maka dia manusia harus hidup dalam keterkucilan atau jadilah robinzon trussue.
Manusia maju atau manusia modern adalah manusia yang bisa hidup dalam keterorgnisiran. Manusia yang hidup dalam keterorganisiran berarti ada role of the game yang harus dirumuskan dan harus dipatahui; jika tidak mematuhi maka harus siap menerima sangsi yang diatur dalam rule of the game yang dibuatnya atau yang disepakati.

Jadi manusia yang mendambakan kebebasan dalam arti semau gue, adalah manusia tolol atau manusia primitif yang akalnya mengadopsi kehidupan binatang. Binatang hidup dalam komunitas kebebasan ,komunitas tanpa aturan, komunitas yang berdasarkan naluri hidupnya.
Mau hidup bebas tanpa terikat pada rule of the game, bisa tapi dalam komunitasnya sendiri dalam ruang dan waktu yang dikehendaki sendiri. Dan dalam kebebasan yang demikian itupun masih ada aturan-aturan yang harus dijalani.
Semisal mau hidup bebas semisal mau telanjang tanpa pakaian karena alasan hak asasi ya bisa , tapi ya dikomunitas yang sependapat demikian itu. Dan apakah kebebasan yang demikian diterima norma umum? silahkan difikir.

Lebih jauh lagi, kita hidup di Indonesia di negara Indonesia di suatu Organisasi Negara di suatu lembaga Negara; apakah bisa hidup dalam kebebasan tanpa aturan tanpa rule of the game. Taruhlah bisa, tapi apa jadinya  jika hidup tanpa ikatan aturan yang mengatur? terjadilah kerusakan dimuka bumi ini, terjadilah bunuh membunuh , terjadilah permusuhan satu sama lain, pergaulan sex tanpa pernikahan, dengan siapapun bisa semisal dengan anak, ibu, bapak , kakek , nenek sendiri dan sebagainya. Yang kuat membunuh yang lemah., manusia yang satu akan menjadi srigala pada manusia lainnya; homo homoniu lopos. Uuh… tidak bisa membayangkan untuk menerima konsep kebebasan dalam hidup dan kehidupan. Sunggguh manusia bar bar yang demikian, manusia primitif yang akalnya tidak modern tidak berilmu pengetahuan atau lebih jauh tidak memiliki tuntunan agama.

Tolak konsep kebebasan, justru akan mencelakakan, konsep mundur menjadi manusia bar bar

.http://sosbud.kompasiana.com/2011/08/12/manusia-yang-mendambakan-kebebasan-adalah-manusia-yang-tidak-modern/

0 komentar:

Posting Komentar