Selasa, 07 Agustus 2012

Menuai Manfaat dengan Buka Bersama di Bulan Suci

: Share
Setiap datang bulan ramadhan tentu saja istilah BuBer alias buka bersama sering kita dengar. Undangan dan ajakan teman-teman kantor, teman sekolah, hingga keluarga besar terus berdatangan. Tidak hanya itu, buka bersama biasa diadakan untuk pelengkap kegiatan sosial seperti berkunjung ke rumah yatim dan panti jompo.
Lalu apa manfaat sebenarnya dari buka bersama?
1. Menjaga keharmonisan Keluarga
Buka bersama dengan keluarga merupakan kegiatan buka puasa yang paling sering kita lakukan, karena keluarga merupakan orang terdekat kita dan yang paling kita sayangi, sehingga kebanyakan dalam bulan Ramadhan kita melakukan buka puasa bersama dengan keluarga. Dengan buka bersama keluarga, tentunya keluarga kita akan menjadi rame dan terasa lengkap sehingga keharmonisan keluarga akan tetap terjaga.
2. Meningkatkan Kerja Sama
Manfaat ini bisa kita dapatkan ketika sedang mengadakan kegiatan buka bersama dengan teman-teman kita. Misalkan dengan cara membagi tugas masing-masing seperti “Laki-laki mempersiapkan bahan sedangkan perempuan yang memasak”. Dengan demikian kerjasama yang kita lakukan akan menjadi terpadu, sehingga tidak akan ada lagi yang namanya “miss communication” dalam bekerjasama.
3. Meningkatkan Solidaritas
Secara etimologi Solidaritas memiliki arti “kesetiakawanan atau kekompakan”. Ada sebuah Hadits Rasululllah SAW mengenai solidaritas : “Perumpamaan orang-orang mumin dalam cinta dan kasih sayangnya seperti badan manusia, apabila salah satu anggota badan sakit maka seluruh anggota badan merasakannya”. Jadi dalam mengadakan kegiatan buka bersama, jika sudah dilakukan dengan tugas dan porsinya masing-masing, artinya tidak kurang dan tidak lebih. Maka ini akan meningkatkan kekompakan dalam suatu komunitas atau organisasi, sehingga hasil yang kita dapatkan Insya Allah akan sesuai apa yang kita inginkan.
4. Mengurangi Angka Kelaparan
Sebenarnya manfaat dari buka bersama ini hanya beberapa persen saja. Karena kegiatan buka bersama ini biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu saja, misalkan sebuah perusahaan atau organisasi yang mengadakan syukuran dan mengundang kaum fakir miskin.
5. Meningkatkan Harkat dan Martabat
Khusus manfaat ini merupakan manfaat yang sudah direncanakan. Misalkan seorang calon pemimpin yang mengadakan kegiatan buka bersama yang diikuti oleh satu warga desa. Dengan demikian warga akan menilai bahwa calon pemimpinya sanga baik dan pemurah. Ini bisa dikatakan salah satu manfaat sosial juga karena kegiatan buka bersama tersebut diikuti oleh banyak orang.

Ramadhan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan yang melimpah didalamnya,karena didalamnya diturunkan kalamullah yang mulia yakni Al-Qur’an,dan juga didalamnya  terdapat malam yang dinantikan oleh seluruh umat islam,suatu malam yang nilainya lebih mulia dibandingkan seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Bukan cuma sebatas itu saja, ternyata bulan Ramadhan merupakan “momentum mempererat tali silaturrahim”. Mengapa demikian,karena banyak hal,dan kegiatan di dalam bulan Ramadhan yang membuat umat islam saling mempererat hubungan silaturrahimnya. Contohnya di dalam bulan Ramadhan, Nabi SAW memerintahkan  umat islam agar memberi makan bagi orang yang berpuasa,atau istilah lainnya “buka bersama”.
Terlepas dari manfaat buka bersama, yakni agar umat islam mampu merasakan nikmatnya makan dan minum bersama, karena setelah setengah hari menahan lapar dan dahaga. Ternyata dalam acara buka bersama,mengandung manfaat yang sangat besar dalam mempererat tali silaturrahim kita sesama umat islam. Karena di dalamnya kita saling bertemu muka,saling duduk berdampingan,tidak ada perbedaan yang kaya dan yang miskin,yang berpangkat dan yang tidak berpangkat,semua orang yang ada dalam acara buka bersama, saling bercengkrama satu sama lain,yang dulunya tidak akrab,menjadi akrab, yang dulunya tidak saling menyapa,kini jadi saling menyapa satu sama lain. Setelah itu kita bersama-sama menunaikan shalat magrib secara berjamaah,yang mungkin sebelumnya masjid cuma terisi tidak lebih dari satu shaf,namun karena adanya kebersamaan yang dijalin dalam momen buka bersama,menambah semangat kita agar ingin beribadah secara bersama-sama dalam hal berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala di bulan suci Ramadhan. Shalat berjamaah makin mempererat hati kita sesama umat islam. Dan setelah shalat kita melakukan mushafahah,saling berjabat tangan. Dalam berjabat tangan mampu menghilangkan rasa dendam terhadap orang lain,memaafkan kesalahan orang yang pernah berbuat salah sama kita,dan yang paling penting makin mempererat tali persaudaraan kita sebagai umat islam
Itulah salah satu hikmah mengapa Nabi menyuruh kita dalam bulan ramadhan agar mampu memberi makan terhadap orang yang berpuasa, walau seteguk air atau sebiji kurma. Dan masih banyak lagi keberkahan dalam bulan Ramdhan yang manusia sendiri kadang tidak menyadarinya,maka berbahagialah orang yang bersungguh-sungguh beribadah secara totalitas dalam bulan suci ramadahan,karena ia akan di selimuti keberkahan dari Allah SWT. Semoga kita termasuk orang yang di anugerahi keberkahan oleh Allah dalam bulan suci Ramadhan sehingga kita mampu menjadi pribadi yang bertaqwa.**

Keluarga harmonis dengan buka bersama

0 komentar:

Posting Komentar